Radio Dua Arah VHF atau UHF?

Kita semua menginginkan sesedikit mungkin gangguan pada sinyal ketika kita menerima atau mengirimkan pesan dari radio dua arah kita. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi pilihan Anda, tergantung pada lingkungan Anda, adalah apakah radio Anda menggunakan sinyal VHF atau UHF.

Yang terbaik untuk Anda akan tergantung pada keadaan khusus Anda, karena frekuensi UHF dan VHF memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perbedaan Radio UHF dan VHF
UHF
Sinyal UHF (ultra high frequency) beroperasi pada ujung spektrum frekuensi radio yang lebih tinggi. Mereka dapat dengan lebih mudah menembus struktur logam dan beton, yang membuat radio UHF menjadi pilihan yang baik di area yang dibangun seperti kota besar dan kecil, atau untuk daerah berhutan lebat atau berbukit. Itu juga membuat mereka populer untuk penggunaan di dalam ruangan. Di lingkungan ini, sinyal radio lebih mudah ditransmisikan melalui dan di sekitar benda padat.

Jika kekompakan menjadi pertimbangan bagi Anda, perlu disebutkan bahwa radio UHF umumnya memiliki antena yang lebih pendek atau pemacaran yang pendek, yang membuatnya sedikit tidak praktis untuk dibawa-bawa. Namun, Anda dapat sedikit meningkatkan jangkauan radio UHF jika Anda memasang antena tambahan untuk memperluas jangkauan yang lebih panjang. Jangkauan antena yang lebih panjang lebih sering ditemukan pada radio VHF – antena ini dapat membuat pengguna tidak nyaman (misalnya petugas keamanan) yang mengenakan radio di sabuk di balik jaketnya.

Radio UHF biasanya digunakan untuk komunikasi di gudang, sekolah dan toko ritel , lingkungan keamanan dalam ruangan, dll.

VHF
Sinyal VHF (very high frequency) menempati ujung bawah spektrum frekuensi radio. Panjang gelombang VHF yang lebih panjang memungkinkannya untuk melakukan perjalanan lebih jauh dari UHF, sehingga radio VHF bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda terutama mencari radio dua arah untuk penggunaan di luar ruangan . Radio VHF digunakan secara eksklusif dalam komunikasi penerbangan dan kelautan, dan sangat bagus untuk pekerja pemeliharaan lapangan, digunakan di lapangan terbuka, lapangan golf, dan untuk lingkungan keamanan luar ruangan.

Sinyal VHF tidak menembus struktur logam dan beton dengan baik, jadi radio VHF mungkin tidak tepat untuk Anda di lokasi yang sangat padat, atau jika Anda memerlukan radio yang akan digunakan terutama di dalam ruangan.

Radio dua arah UHF dan VHF bisa Anda temukan di HT Motorola Resmi yang tersedia dengan berbagai tipe dan harga yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bisakah saya mengubah radio VHF menjadi radio UHF dan sebaliknya?
Sayangnya tidak mungkin untuk mengubah VHF ke UHF dll, karena setiap jenis radio berisi perangkat keras yang memungkinkannya beroperasi pada rentang frekuensi tertentu. Jika Anda membeli atau menyewa lebih banyak radio untuk digunakan bersama radio yang sudah Anda gunakan, radio tersebut harus dari jenis yang sama, contoh menggunakan HT Motorola resmi, maka Anda juga harus menggunakan merk Motorola.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS